Beberapa Tempat Wisata Alam Di Bangka Belitung

wisata alam

Siapa yang tidak kenal dengan Kepulauan Bangka Belitung yang kaya dengan wisata alam? Bahkan anak-anak Indonesia saja sangat mengenal Kepulauan Bangka Belitung lewat film fenomenal Laskar Pelangi, yang memang banyak mengambil tempat di Kepulauan Bangka Belitung. Kepulauan Bangka Belitung ini gabungan dari dua pulau besar yakni Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil lainnya. Sudah bisa dipastikan tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung bakal banyak dengan destinasi wisata bahari.

Kepulauan Bangka Belitung sudah sejak dari dulu diperebutkan mulai dari Kerajaan Sriwijaya dengan Kerajaan Majapahit. Lalu datanglah invasi Inggris yang akhirnya diambil alih oleh Belanda. Ini berarti memang Kepulauan Bangka Belitung sangat layak untuk diperebutkan, mulai dari sumber daya alamnya atau letaknya yang memang strategis. Di sisi lainnya seperti ditunjukkan oleh film Laskar Pelangi yang cukup banyak mempertunjukkan tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang memang layak untuk dikunjungi. Dan berikut ini beberapa daftar destinasi wisata di Kepulauan Bangka Belitung berdasarkan Kabupaten dan Kota yang ada di dalamnya.

Tempat Wisata di Kabupaten Bangka

Bisa dibilang destinasi wisata di Kabupaten Bangka ini cukup banyak dan hampir mayoritas destinasi andalannya adalah wisata bahari. Kabupaten Bangka memang memiliki pantai-pantai yang sangat indah dan hampir kesemuanya tidak pernah sepi akan pengunjung, apalagi ketika musim liburan akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang cukup terkenal bisa kamu temukan di Kabupaten ini. Dan berikut ini daftar tempat wisata yang ada di Kabupaten Bangka.

  1. Vihara Dewi Kwan Im

Salah satu cagar budaya dan juga sebagai tempat peribadahan umat Khonghucu ini dibangun pada tahun 1474. Untuk lokasinya sendiri berada di tanah perbukitan yang penuh akan pepohonan nan hijau dan juga menghadap ke arah Selat Karimata. Selain menjadi wisata religi Vihara ini juga menjadi tempat wisata alam di Kepulauan Bangka Belitung yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa mengenal sejarah mengenai kedatangan orang Tionghoa yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, dan juga sejarah akan Belitung Timur. Berada di ketinggian atau perbukitan, suasana yang akan kamu rasakan begitu adem, tenang, dan sangat damai. Tak heran juga jika tempat wisata yang ada di Desa Burung Mandi, dan di dalam Kecamatan Manggar.

2. Replika Sekolah Laskar Pelangi

Tak lengkap wisata kamu ketika mengunjungi Belitung Timur tanpa mampir ke Replika Sekolah Laskar Pelangi. Inilah replika sekolahan yang ada di dalam film yang booming pada tahun 2008 yang tak lain dari garapan Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi seperti pada judul novel tulisannya. Yang menceritakan diri pribadi Andrea Hirata beserta 9 temannya ketika masa sekolah di SD Muhammadiyah di Belitung. Dan replika sekolah tersebut kini menjadi tempat wisata alam di Bangka Belitung yang memang selalu menarik minat wisatawan. Setidaknya wisatawan bisa terbawa ke dalam nuansa film Laskar Pelangi tentang anak-anak sekolah yang bisa dibilang dari keluarga kurang mampu. Dan juga kondisi sekolahan yang cukup memprihatinkan. Sangat menarik memang menjadi sebuah kritik sosialbagi pemerintah untuk membenahi sistem pendidikan. Lokasi wisata alam menarik ini terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung.

3. Pulau Pekandis

Inilah pulau yang menjadi surga bagi para pecinta snorkeling maupun diving. Pesona keindahan alam bawah lautnya begitu memukau di perairan Pulau Pekandis. Tidak hanya menghadirkan pantai dengan pasir putihnya dan juga birunya laut saja. Tapi keindahan alam bawah lautnya sangat eman jika kamu lewatkan. Terumbu karang yang hidup di perairan Pulau Pekandis ini masih begitu alami yang menjadi rumah bagi ikan-ikan besar dan juga berbagai macam biota laut lainnya. Namun ada kekhawatiran akan tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Yakni penggunaan peledak dalam mencari ikan masih saja digunakan, yang bisa merusak keseluruhan ekosistem yang ada di laut. Untuk lokasinya masih berada di wilayah Kecamatan Kelapa Kampit. Jadi kamu bisa menggunakan perahu motor dari dermaga Kelapa Kampit.

4. Pulau Nangka

Tidak hanya menyajikan keindahan pantai dan juga keindahan wisata alam bawah lautnya saja. Tapi Pulau Nangka ini juga memiliki hutan lindung yang masih sangat asri. Bahkan kamu bisa menemukan flora yang begitu unik atau bunga yang sangat cantik di Pulau Nangka. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tergolong cukup jauh dari dermaga pusat Kota Manggar, yang berkisar 50 an km. Namun sambutan pantai yang indah di Pulau Nangka akan segera menghilangkan rasa lelah kamu karena perjalanan laut menggunakan perahu motor. Di Pulau Nangka ini juga ada menara mercusuar yang bisa kamu naiki dengan seizing petugas. Kamu akan kagum setelah melihat keindahan dari Pulau Nangka dari ketinggian, air lautnya yang sangat biru serta lebatnya hutan lindung dan perbukitan yang penuh dengan pepohonan nan hijau.

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.